katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Ringkasan Materi pada Subtema Gaya dan Gerak pada Skripsi IPA

4.  Ringkasan Materi pada Subtema Gaya dan Gerak
 Mata pelajaran yang dipadukan pada subtema gaya dan gerak dalam pembelajaran dua yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia dan Seni Budaya dan Keterampilan. Adapun ringkasan materi untuk setiap mata pelajaran sebagai berikut :
a.    Ilmu Pengetahuan Alam
Gaya Gesek
1)   Pengertian Gaya Gesek
Gaya gesek merupakan gaya yang ditimbulkan oleh dua pemukaan yang saling bersentuhan. Gesekan antara dua permukaan yang bersentuhan dapat terjadi pada  benda padat, udara, ataupun air. Ketika sebuah benda bergerak di udara, permukaan benda tersebut akan bersentuhan dengan udara sehingga terjadi gesekan antara benda dengan udara. Demikian juga ketika bergerak di dalam air. Gaya gesekan juga selalu terjadi antara permukaan benda padat yang bersentuhan, sekalipun benda tersebut sangat licin. Gaya gesek bekerja pada permukaan benda-benda yang bersentuhan dengan arah yang berlawanan.
Pada mobil yang bergerak maju terjadi gaya gesek antara ban dan jalan. Gaya gesek yang terjadi memiliki arah ke belakang, berlawanan arah dengan gerak ban.
Gaya gesek yang timbul pada benda-benda yang bergesekan tidak sama besar. Ada kalanya gaya gesek besar sehingga benda yang bergerak segera berhenti. Dan ada kalanya pula gaya gesek yang terjadi tidak besar sehingga benda masih sempat bergerak jauh sebelum berhenti.
2)        Faktor yang Mempengaruhi Gaya Gesek
Besar kecilnya nilai gaya gesek tergantung pada jenis permukaan benda tersebut. Semakin kasar permukaan benda maka semakin besar gaya geseknya. Sedangkan permukaan yang licin akan menghasilkan gaya gesek yang kecil.
Selain itu, semakin besar gaya gesek pada permukaan sebuah benda maka tekanan yang dialami permukaan benda tersebut juga semakin besar. Perbandingan antara gaya gesek dengan gaya tekannya disebut koefisien gesek. Besar kecilnya nilai koefisien gesek tergantung pada jenis permukaan benda tersebut.
Berikut beberapa contoh kemungkinan yang terjadi pada benda yang bergerak di atas permukaan bidang tertentu, diantaranya :
a.    Benda yang memiliki permukaan kasar bergerak pada permukaan yang kasar, contohnya mendorong balok di atas karpet
b.    Benda yang memiliki permukaan kasar bergerak pada permukaan yang halus, contohnya ban sepeda yang bergerak di atas lantai keramik
c.    Benda yang memiliki permukaan halus bergerak pada permukaan yang kasar,contohnya es balok yang bergerak sesaat setelah didorong di atas jalan yang berkerikil
d.   Benda yang memiliki permukaan halus bergerak pada permukaan yang halus, contohnya gelas yang menggelinding di atas kaca
3)   Cara Memperbesar dan Memperkecil Gaya Gesek
Gaya gesek merupakan gaya yang ditimbulkan oleh dua pemukaan yang saling bersentuhan. Gesekan antara dua permukaan yang bersentuhan dapat terjadi pada  benda padat, udara, ataupun air. Gaya gesek dapat diperbesar atau diperkecil. Cara memperkecil gaya gesek antara lain dengan menghaluskan permukaan kedua benda yang bergesekan atau melicinkan permukaan benda dengan menggunakan pelumas (oli, lilin, atau vaselin). Makin halus dan makin licin permukaan benda yang bergesekan, makin kecil gaya gesek yang terjadi. Adapun beberapa contoh usaha yang dilakukan untuk memperkecil gaya gesek, yaitu :
a.    Bedak atau tepung kanji selalu ditaburkan di atas papan karambol agar koin karambol dapat bergerak lancar
b.    Pemberian pelumas atau oli pada roda atau rantai sepeda agar gesekannya dapat diperkecil.
c.     Penggunaan kayu yang berbentuk bulat untuk mendorong benda agar lebih mudah. Apabila kita mendorong meja atau lemari yang cukup berat maka digunkan gelondongan kayu agar gaya gesekan yang tejadi dapat diperkecil
d.   Meja biliar dilapisi dengan kain agar bola biliar dapat bebas menggelinding
e.    Bentuk pesawat terbang dibuat ramping untuk mengurangi gaya gesek antara badan pesawat dengan udara

Untuk melanjutkan Skripsi Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi silahkan --- KLIK DISINI ---
Tag : Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Ringkasan Materi pada Subtema Gaya dan Gerak pada Skripsi IPA"

Back To Top