katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar

Kata Pengantar adalah pandangan umum yang ditulis secara singkat berfungsi sebagai pendahuluan dari sebuah tulisan yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan dari karya tulis tersebut, baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun. Kata pengantar terbagi dalam 3 bagian yaitu pembukaan, isi dan penutup. 

Menyusun kata pengantar memang susah-susah gampang. Kata pengantar biasanya terletak didepan suatu karya tulis ilmiah. Namun mungkin ada beberapa yang masih merasa bingung untuk membuat kata pengantar. Kata pengantar makalah yang baik ialah kata pengantar yang mencakup isi dari keseluruhan makalahnya, membahas apa yang sebenarnya dibahas pada makalah tersebut. 

Untuk membuat kata pengantar sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan merupakan unsur penting yang menjamin baik atau tidaknya kata pengantar yaitu: 
  • Menggunakan kata yang baik dan benar serta mudah dimengerti. 
  • Terdapat kata pembuka dan penutup .
  • Terdapat isi kata pengantar, serta ucapan terima kasih dan sebagainya dibagian penutup. 
  • Di tutup dengan penyusun atau pembuat suatu karya tulis. 

Berikut ini ada beberapa contoh kata pengantar makalah yang bisa menjadi referensi untuk anda: 

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama Islam 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik dan inayah-Nya serta nikmat sehat sehingga penyusunan makalah guna memenuhi tugas mata kuliah agama islam ini dapat selesai sesuai dengan yang diharapkan. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW dan semoga kita selalu berpegang teguh pada sunnahnya Amiin... 

Agama Islam adalah agama yang relevan dengan segala zaman yang telah dibuktikan dalam beberapa kajian ilmiah dan dari berbagai sudut pandang dan aspek kehidupan. 

Dalam penyusunan makalah ini tentunya hambatan selalu mengiringi namun atas bantuan, dorongan dan bimbingan dari orang tua, dosen pembimbing dan teman-teman yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu akhirnya semua hambatan dalam penyusunan makalah ini dapat teratasi. 

Makalah ini kami susun dengan tujuan sebagai informasi serta untuk menambah wawasan khususnya mengenai relevansi agama islam dengan perkembangan zaman dan adapun metode yang kami ambil dalam penyusunan makalah ini adalah berdasarkan pengumpulan sumber informasi dari berbagai karya tulis dan kajian serta interview dari orang-orang yang berkompeten dengan tema makalah ini. 

Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan sebagai sumbangsih pemikiran khususnya untuk para pembaca dan tidak lupa kami mohon maaf apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan baik dalam kosa kata ataupun isi dari keseluruhan makalah ini. Kami sebagai penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan untuk itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi kebaikan kami untuk kedepannya. 

Garut, 21 Oktober 2016


Penyusun 
Roniyadi

Tag : Tutorial
0 Komentar untuk "Cara Membuat Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar"

Back To Top