katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian dalam Skripsi IPA


B.  Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian
1. Identifikasi Masalah Penelitian
Berdasarkan masalah yang dikemukakan, masalah pembelajaran yang menjadi perhatian peneliti dan menuntut pemecahan berkaitan dengan:
a.         Belum optimalnya merancang proses pembelajaran yang  menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berdasarkan fase-fase sehingga guru merasa kesulitan dalam menuangkannya ke dalam RPP
b.        Belum optimalnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran guna  menciptakan pengalaman dan kondisi belajar yang bermakna bagi siswa terutama pada materi yang memerlukan praktik atau percobaan
c.         Belum optimalnya mengembangkan proses pembalajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan pembelajaran karena hanya memberikan pengalaman yang  verbalistik kepada siswa.
2.    Batasan Masalah Penelitian
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Anggrek Kecamatan Rajapolah. Pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing difokuskan pada Tema Selalu Berhemat Energi dan mengambil Subtema gaya dan gerak pada pembelajaran 2. Mata pelajaran yang dipadukan yaitu IPA, Bahasa Indonesia, dan  SBdP. Materi yang diajarkan dalam pembelajaran 2 ini tentang konsep gaya gesek.

C.  Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
a.         Bagaimana model pembelajaran pada subtema gaya dan gerak yang biasa digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah  ?
b.        Bagaimana rancangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah   ?
c.         Bagaimana implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah  ?
d.        Bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak yang dapat digunakan untuk siswa di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah  ?

D.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.        Untuk mengetahui model pembelajaran yang biasa digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah
2.        Untuk menghasilkan  rancangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah
3.        Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah
4.        Untuk menghasilkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah

E.  Manfaat Penelitian
1.    Bagi Siwa
Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran secara mudah dan dapat belajar secara aktif sehingga dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui keterampilan proses sains seperti pengamatan dan eksperimen.
2.    Bagi Guru
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif dengan melibatkan siswa secara aktif sehingga memberikan pembelajaran yang bermakna.
3.    Bagi Peneliti
Meningkatkan  keterampilan dan wawasan dalam merangcang proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif. Selain itu, peneliti dapat memahami penggunaan pengembangan model inkuiri terbimbing yang dapat membantu tujuan pembelajaran yang diharapkan.

F.  Struktur Organisasi Skripsi
Struktur organisasi skripsi merupakan pedoman dalam menyusun laporan penelitian. Struktur organisasi skripsi  ini sebagai berikut :
1.        BAB I Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang penelitian,  identifikasi dan batasan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian,  dan struktur organisasi skripsi
2.        BAB II Kajian Pustaka
Kajian pustaka memaparkan landasan-landasan teoritik dalam menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3.        BAB III Metode Penelitian
Bab ini berisi penjabaran tentang metode penilitian yang terdiri dari lokasi dan subjek penelitian, metode penelitian, pengembangan model pembelajaran, definisi operasional, instrumen penelitian, prosedur penelitian, teknik pengumpulan data.
4.        BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Bab ini berisi  hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian yang dikaitkan dengan landasan teoritik yang telah dibahas  dalam kajian pustaka.
5.        BAB V Kesimpulan dan Saran
Bab ini menyajikan  penafsiran dan pemaknaan peneliti terhadap hasil analisis temuan penelitian
6.        Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisi semua sumber yang pernah dikutip dan digunakan dalam penulisan skripsi.
7.        Lampiran
Lampiran berisi semua dokumen yang digunakan dalam penelitian dengan memberi nomor urut pada setiap lampiran untuk memudahkan pembaca
Tag : Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian dalam Skripsi IPA"

Back To Top