katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Hasil Tahap Perancangan atau Design dalam Skripsi


2.        Deskripsi Hasil Tahap Perancangan ( Design )
Pada tahap perancangan ini bertujuan untuk merancang perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus tematik  dan RRP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SD. Langkah yang harus dilakukan pada tahap ini yaitu penyusunan standar tes (criterion-test construction),pemilihan media (media selection), pemilihan format (format selection), dan membuat rancangan awal yang dijelaskan sebagai berikut :
a.         Penyusunan tes
Menurut Arikunto (2002, hlm. 53) tes merupakan alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan.” Tes ini berfungsi untuk melihat sejauh mana keberhasilan program pengajaran yang telah dilakukan dan dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam menentukan tingkat kelulusan siswa.
Penyusunan tes dalam penelitian ini yaitu analisis tugas dan analisis konsep yang dirumuskan secara khusus pada tujuan pembelajaran. Tes yang diberikan kepada siswa dalam penelitian terdiri dari tes awal dan tes akhir yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa dan hasil belajar pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SD.
Prosedur penyusan tes dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah penyusunan tes yang dipaparkan oleh Rakhmat & Solehuddin (2006, hlm.25) yaitu :
1)      Mengidentifikasi tujuan-tujuan instruksional dan lingkup materi yang seyogianya diungkap
2)      Menyusun kisi-kisi
3)      Membuat soal sekaligus dengan kunci jawaban
4)      Mengadakan pemeriksaan terhadap setiap butir soal
5)      Mengorganisasikan tes menurut tipe-tipe soal yang dibuat
6)      Membuat petunjuk pengerjaan soal
7)      Mengadakan uji coba
8)      Merevisi soal atau membuang soal apabila tidak memenuhi syarat
9)      Mengorganisasikan kembali soal dalam bentuk final
10)  Memperbanyak soal
Setelah menyusun tes, peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kebaikan suatu tes sehingga menghasilkan data secara tepat. Hal ini sejalan dengan pendapat Arikunto (2002, hlm.52) “ sebuah tes yang baik sebagai alat pengukur harus memenuhi syarat sekurang-kurangnya validitas dan reliabilitas.” Peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas tes pada SD yang memiliki karakteristik siswa yang hampir sama dengan siswa kelas IV di SDN 2 Tanjungpura, SDN 3 Tanjungpura, dan SDN Manggungsari. Hasil uji validitas dan reliabilitas dapat dilihat pada lampiran.
b.        Pemilihan media
Menurut Rossi & Breidle dalam Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran (2007, hlm.172) mengemukakan bahwa ‘ media pembelajaran adaalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan. Dengan demikian media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan guru untuk kepentingan pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui media tersebut diharapkan siswa lebih mudah memahami materi ajar.
Pemilihan media dalam penelitian ini didasarkan pada analisis tugas dan analisis konsep yaitu menggunakan media visual berupa gambar-gambar tentang gaya gesek, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam melakukan percobaan tentang gaya gesek dan benda-benda asli yang diperoleh dari lingkungan sekolah seperti bola, sepatu dan lain-lain yang bertujuan membantu siswa untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran dan mempermudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
c.         Pemilihan format
Pada tahap ini, pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SD dengan memadukan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan SBdP memilih format yang terdiri dari format untuk merancang isi, model pembelajaran, metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar.
Silabus yang akan dirancang pada penelitian ini merupakan silabus pembelajaran tematik dengan menggunakan format tabel yang mengacu pada Standar Proses No. 65 Th 2013, silabus memuat identitas, mencantumkan KI, KD, materi pokok, pengalaman belajar, indikator pencapaian kompetensi,penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar/alat/bahan.
Sedangkan dalam merancang RPP pada pembelajaran tematik berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, peneliti menggunakan format berdasarkan Standar Proses No. 65 Th 2013. Komponen RPP ini meliputi :
1)   Identitas RPP yang meliputi identitas sekolah, kelas/semester, tema, sub tema, pembelajaran ke-,
2)   Kompetensi Inti dari silabus
3)   Kompetensi Dasar dari silabus
4)   Indikator pencapaian kompetensi
5)   Tujuan pembelajaran
6)   Karakter yang diharapkan muncul dari kegiatan pembelajaran
7)   Materi ajar
8)   Alokasi waktu yang diperlukan
9)   Metode pembelajaran
10)    Kegiatan pembelajaran
11)    Alat dan sumber belajar
12)    Penilaian proses dan hasil belajar

Adapun model, metode dan pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam perencanaan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan adalah inkuiri terbimbing karena dipandang sebagai salah satu model yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013 yang bertujuan untuk melibatkan siswa secara  langsung dalam menemukan sendiri tentang konsep pembelajaran  siswa lebih memahami ilmu dan ilmu tersebut akan bertahan lama dalam diri siswa. Pemilihan metode pembelajaran yang digunakan cukup variatif diantaranya metode diskusi, pengamatan, tanya jawab dan percobaan yang dikemas dengan pendekatan saintifik dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dan berusaha mengembangankan keterampilan sains  yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran
d.        Perancangan awal
Perancangan awal pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV SD dilakukan setelah melakukan tahap penyusunan tes, pemilihan media, dan pemilihan format. Tujuan perancangan awal ini merupakan kegiatan yang harus ditempuh dalam menyusun perencanaan pembelajaran sebelum melakukan validasi ahli dan uji coba di lapangan. Rancangan awal perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing  ini disebut draft 1. Adapun penjelasan tentang rancangan awal perencanaan pembelajaran sebagai berikut :
1)        Rancangan Awal Silabus
Dalam merancang silabus pembelajaran tematik , peneliti mengacu pada Standar Proses No. 65 Th 2013 yang memuat identitas, mencantumkan KI, KD, materi pokok, pengalaman belajar, indikator pencapaian kompetensi,penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar/alat/bahan. Format silabus pembelajaran tematik yang dirancang peneliti adalah format tabel yang bertujuan untuk memudahkan pembaca.
Silabus pembelajaran yang dirancang peneliti adalah dengan menambahkan identitas silabus secara lengkap yang terdiri dari nama sekolah, tema, subtema, mata pelajaran yang dipadukan, kelas dan semester. Selain itu, mencantumkan kompetensi dasar sesuai dengan mata pelajaran yang dipadukan, mencantumkan metode pembelajaran dalam pengalaman belajar dan menambahkan karakteristik yang diharapkan beserta deskripsinya.
2)        Rancangan Awal RPP
Rancangan awal RPP pada pembelajaran tematik berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan memadukan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, dan SBdP subtema gaya dan gerak. Dalam merancang RPP tersebut, peneliti mengacu pada Standar Proses No. 65 Th 2013. Komponen RPP ini meliputi : a) Identitas RPP yang meliputi identitas sekolah, kelas/semester, tema, sub tema,
    Pembelajaran ke
b) Kompetensi Inti dari silabus
c) Kompetensi Dasar dari silabus
d) Indikator pencapaian kompetensi
e) Tujuan pembelajaran
f) Karakter yang diharapkan muncul dari kegiatan pembelajaran (ditambahkan deskripsi karakter)
g) Materi ajar
h) Alokasi waktu yang diperlukan
i) Metode,model dan pendekatan  pembelajaran
j) Kegiatan pembelajaran dengan mengembangkan fase-fase model pembelajaran inkuiri terbimbing
k) Alat dan sumber belajar
l) Penilaian proses dan hasil belajar
Dalam merancang RPP mengacu pada silabus pembelajaran tematik yang telah dirancang, peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pendekatan saintifik sehingga dalam kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan fase-fase inkuiri terbimbing dan mencantumkan sikap pendekatan saintifik. Rancangan awal RPP ini terdiri dari RPP tindakan pembelajaran I dan RPP tindakan pembelajaran II yang dilengkapi dengan ringkasan materi disajikan secara terpadu, Lembar Kerja Siswa, soal evaluasi dan kriteria penilaian
Tag : Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Hasil Tahap Perancangan atau Design dalam Skripsi"

Back To Top