katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan atau Develop dalam Skripsi


3.        Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan ( Develop )
Tahap pengembangan merupakan tahap yang sangat penting dalam penelitian ini karena bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar. Produk perencanaan yang dihasilkan memenuhi aspek keefektifan, kepraktisan dan validitas sesuai dengan penilaian para ahli dan hasil uji coba produk.
a.        Penilaian Perencanaan Pembelajaran oleh Validator (Para Ahli)
Untuk memenuhi aspek validitas tentang perencanaan pembelajaran yang telah dirancang maka peneliti melakukan penilaian produk tersebut kepada validator yang kompeten sehingga menghasilkan rancangan perencanaan pembelajaran draft 1. Pelaksanaan penilaian oleh validasi ahli dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang ahli yang menentukan validitas perencanaan pembelajaran. Adapun rincian validasi ahli dapat dilihat pada tabel  sebagai berikut :

Daftar Nama Validasi Ahli
No.
Nama
Keterangan
1.
Drs. Edi Hendri Mulyana, M.Pd
Dosen UPI Kampus Tasikmalaya
2.
Hendayani, S.Pd
Guru dan Wali kelas SDN 2 Tanjungpura


 Secara umum, hasil penilaian validitas produk perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak, nilai rata-rata keseluruhan yang diberikan oleh validasi ahli akan dibandingkan dengan kategori penilaian yang ditentukan oleh Anas Sudijono dalam Mulyani (2013, hlm.85) pada tabel sebagai berikut :

Kategori Penilaian

No
Rentang
Kategori
1.
X > 4.01
Sangat Baik
2.
3.34 < X ≤ 4.01
Baik
3.
2.26 < X ≤ 3.34
Cukup
4.
1.99 < X ≤ 2.26
Kurang
5.
X ≤ 1.99
Sangat Kurang
Hasil penilaian validasi perencanaan pembelajaran di sajikan dalam bentuk tabel  yang terdiri dari aspek penilaian, komponen dan skor penilaian dari para ahli sebagai berikut :
a)        Validasi Silabus Pembelajaran Tematik
Validasi silabus pembelajaran tematik ini terdiri dari beberapa komponen silabus yaitu identitas silabus, kompetensi inti dan kompetensi dasar berdasarkan tema, materi pokok, pengalaman belajar siswa, indikator pencapaian kompetensi, penilaian hasil belajar, alokasi waktu, sumber/alat/bahan belajar dan karakteristik siswa dilengkapi dengan deskripsinya. Hasil validasi silabus pembelajaran tematik dapat dilihat pada tabel  sebagai berikut :

Hasil Validasi Silabus Pembelajaran Tematik

No.
Aspek
Komponen
Penilaian
Validator1
Validator2
Validator3
(a)
(b)
(b)
(c)
(d)
(e)
1.
Silabus
Mencantumkan Identitas Silabus (Nama Sekolah, Tema, Subtema, Mata Pelajaran, Kelas dan Semester)
5
5
5
Mencantumkan Kompetensi Inti sesuai dengan tema
5
5
5
Mencantumkan mata pelajaran yang relevan dengan tema
4
5
4
Mencantumkan Kompetensi Dasar sesuai dengan tema
5
5
5
Mencantumkan materi pokok setiap mata pelajaran berdasarkan tema
4
5
5
Memuat alternatif pengalaman belajar siswa untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar
4
4
5
Mencantumkan indikator pencapaian kompetensi dari setiap mata pelajaran
4
4
5
Mencantumkan penilaian hasil belajar yang terdiri dari jenis tagihan, bentuk instrumen dan instrument
4
4
5
Memuat alokasi waktu yang diperlukan untuk menguasai kompetensi
4
4
5
Memuat sumber dan bahan pelajaran
4
4
5
Mencatumkan karakteristik siswa yang diharapkan dan deskripsinya
4
5
5
Jumlah
47
50
54
Rata-rata
4,27
4,54
4,90
Rata – rata keseluruhan
4,57
            Berdasarkan tabel 4.5 dapat dilihat rata-rata keseluruhan penilaian  yang diberikan oleh para ahli terhadap silabus pembelajaran tematik adalah 4,57. Hal ini berarti silabus pembelajaran memenuhi kategori “SANGAT BAIK” berdasarkan ketegori penilaian menurut Anas Sudijono pada tabel 4.4.
Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa silabus pembelajaran tematik yang dirancang oleh peneliti dinyatakan valid dan dapat diujicobakan dilapangan atau dipergunakan pada proses pembelajaran setelah dilakukan revisi produk berdasarkan komentar atau masukan dari para ahli. Adapun hasil revisi dan analisis data validasi silabus pembelajaran tematik  yang disajikan dalam bentuk tabel  sebagai berikut :

Hasil Revisi dan Analisis Data
Validasi Silabus Pembelajaran Tematik

No
Komponen Silabus Pembelajaran Tematik
Sebelum Revisi
Sesudah revisi
(a)
(b)
(c)
(d)
1.
Karakter yang diharapkan
Hati-hati  dan Tanggungjawab yang ditunjukkan dengan menggunakan dan mengembalikan
alat   dengan keadaan utuh
Hati-hati ditunjukkan dengan menggunakan alat dan bahan percobaan dengan baik

Tanggungjawab  ditunjukkan dengan menyelesaikan tugas tepat waktu dan mengembalikan alat dengan keadaan utuh
b)        Validasi RPP berdasarkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Untuk validasi RPP berdasarkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang memadukan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan SBdP pada subtema gaya dan gerak terdiri dari beberapa komponen yaitu kelengkapan identitas RPP, tujuan pembelajaran, materi ajar, langkah-langkah pembelajaran, media dan sumber belajar, serta penilaian. RPP ini dilengkapi dengan ringkasan materi, Lembar Kerja Siswa, soal evaluasi hasil belajar dan kriteria penilaian.
Tag : Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan atau Develop dalam Skripsi"

Back To Top