katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Definisi Istilah dan Instrumen Penelitian dalam Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)


F.      Definisi Istilah
Perangkat pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menggambarkan rencana atau pola pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan dijadikan pedoman untuk mengembangkan perangkat pembelajaran.
Pembelajaran berbasis karakter adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dilakukan untuk menjadikan siswa menguasai kompetensi secara utuh yaitu tidak hanya menguasai pengetahuan tetapi juga mengenal, menyadari/peduli, dan menginternalisasi nilai-nilai dan perilaku menjadikannya sebagai karakter.
Perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter adalah perangkat pembelajaran IPA yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor pada diri siswa.
Materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit adalah materi pembelajaran IPA di kelas IV yang membahas mengenai perubahan kenampakan permukaan bumi dan langit. Materi ini terdiri dari beberapa Standar kompetensi dan Kompetensi dasar. Standar kompetensi dan Kompetensi dasar dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Tabel 3.1
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.

Karakter yang diharapkan dapat muncul melalui pembelajaran pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit adalah Religius, rasa ingin tahu, percaya diri, sikap terbuka untuk menerima dan menghargai keberagaman, disiplin, tanggung jawab, peduli lingkungan, kerja sama dan teliti.

G.       Instrumen Penelitian
“Instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, lengkap dan sistematis sehingga lebih mudah diolah” (Arikunto, 2010 : 203). Instrumen ini dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan data.
Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok instrumen yang digunakan. Kelompok instrumen yang pertama digunakan pada saat tahap pendefinisian dan perancangan, sedangkan kelompok instrumen yang kedua digunakan dalam tahap pengembangan.
Adapun instrumen dalam penelitian ini dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:

Tabel 3.2
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data, Instrumen yang digunakan

No
Jenis Data
Teknik Pengumpulan Data
Instrumen
Sumber data
Tahapan
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
1.
Pembelajaran IPA Berkarakter di SDN ...
Wawancara bebas
Pedoman wawancara
Guru Kelas SDN ...
Perancangan
2.
Pembelajaran IPA Berkarakter di SDN ...
Studi Dokumentasi
Check-list
Arsip SDN ...
Perancangan
3.
Pembelajaran IPA Berkarakter di SDN ...
Observasi
Lembar observasi
Arsip SDN ...
Perancangan


Tabel 3.2
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data, Instrumen yang digunakan
 (Lanjutan)
 (a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
4.
Validasi rancangan desain pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Validasi Ahli
Kuesioner/ angket
Validator ahli
Perancangan
5.
Hasil belajar Siswa
Tes Hasil Belajar
Pilihan Ganda,
Siswa Kelas IV SDN ...
Pengembang-an
6.
Keterlaksanaan Pembelajaran
Observasi
Format Observasi
Peneliti
Pengembang-an
7.
Penanaman karakter siswa
Penilaian Diri Sendiri (Self-assessment)
Angket
Siswa Kelas IV SDN ...
Pengembang-an
8.
Respon siswa terhadap pembelajaran
Penilaian sikap
Angket
Siswa Kelas IV SDN ...
Pengembang-an
1.        Instrumen pada tahap Pendefinisian dan Perancangan
Dalam tahap pendefinisian, instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar pengamatan (observasi), dan checklist. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam tahap pendefinisian dan perancangan ini terlebih dahulu dikonsultasikan kepada pembiming.
2.        Instrumen Pada Tahap Pengembangan
Instrumen pada tahap pengembangan yang digunakan adalah lembar telaah perangkat pembelajaran, tes hasil belajar, angket penanaman karakter, dan lembar observasi penanaman karakter siswa. Untuk lembar telaah perangkat pembelajaran dikembangkan berdasarkan kriteria-kriteria pengembangan perangkat pembelajaran. Untuk tes hasil belajajar dibuat dengan mengacu kepada Standar kompetensi, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran. Sedangkan lembar observasi dan angket penanaman karakter siswa dikembangkan dengan mengacu pada indikator penanaman karakter.
Tabel 3.3
Kisi-kisi Instrumen Soal Tes Penguasaan Siswa
Tentang Konsep Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
Sub Materi Pokok
Indikator
Nomor Soal
Kunci Jawaban
Aspek Kognitif
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
1.     Perubahan Kenampakan Bumi
Menyatakan pengertian perubahan kenampakan bumi
1, 18
b, b
C1

Menyebutkan penyebab terjadinya perubahan kenampakan bumi, yaitu karena air, udara, dan kebakaran
2, 17, 19
d, c, c
C1

Memberi contoh peristiwa perubahan kenampakan bumi yang disebabkan oleh air
3, 16, 20
b, b, c
C2

Memberi contoh peristiwa perubahan kenampakan bumi yang disebabkan oleh udara
4, 15, 21
c, c, d
C2

Memberi contoh peristiwa perubahan kenampakan bumi yang disebabkan oleh kebakaran
5, 14, 22
d, b, d
C2

Tabel 3.3
Kisi-kisi Instrumen Soal Tes Hasil Belajar Siswa
 (Lanjutan)
 (a)
(b)
(c)
(d)
(e)

Menggambarkan akibat perubahan kenampakan bumi
6, 13
c, c
C3
2.    Perubahan Kenampak-an Benda Langit
Menyebutkan posisi bumi, bulan, dan matahari
7, 12, 25
b, b, a
C1
Menjelaskan dampak posisi bumi, bulan dan matahari terhadap kenampakan bulan
8, 11, 24
b, b, d
C2
Menggambarkan perubahan kenampakan bulan dalam periode tertentu
9, 10, 23
b, b, a
C3

Keterangan:  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pembelajaran IPA berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2008:156) adapun indikatornya dikembangkan sendiri oleh peneliti.
Tabel 3.4
Kisi-Kisi Instrumen Penilaian Karakter Siswa (Penilaian Diri)
No
Karakter
Materi/Bahasan
Indikator
Pernyataan
Positif
Negatif
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
1.
Religius
Perubahan kenampakan bumi dan bulan
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut
1
38
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
26
2
Menghargai keindahan alam semesta sebagai ciptaan Tuhan
3
37
Tabel 3.4
Kisi-Kisi Instrumen Penilaian Karakter Siswa (Penilaian Diri)
 (Lanjutan)
 (a)
(b)
(c)
(c)
(d)
(e)
2.
Tanggung Jawab
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru
40
4
Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan
5
21
3.
Disiplin
Perubahan kenampakan bulan
Patuh pada aturan
6
24
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Mengerjakan tugas tepat waktu
7
28
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi guru
8
27
4.
Kerja sama
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Menyelesaikan tugas kelompok secara bersama
13
9
Percaya pada kemampuan anggota kelompok
10
33
Menerima keputusan yang disepakati kelompok
17
29
5.
Rasa Ingin Tahu
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dari sesuatu yang dipelajari
11
22
Antusias mencari jawaban
32
15
Sering bertanya mengenai materi baru yang dipelajari
12
34


Tabel 3.4
Kisi-Kisi Instrumen Penilaian Karakter Siswa (Penilaian Diri)
 (lanjutan)
 (a)
(b)
(c)
(d)
(e)
(f)
6.
Sikap terbuka untuk menerima dan menghargai
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Menghargai karya atau pendapat orang lain
20
14
Memberikan kesempatan kepada teman untuk mengemukakan pendapatnya
39
25
Menerima dan memberikan saran dengan tidak menyinggung perasaan orang lain
41
23
7.
Percaya Diri
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Percaya pada kemampuan diri sendiri
16
36
Menerima tugas dan menyelesaikannya dengan penuh percaya diri
40
42
8.
Peduli Lingkungan
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya
18
30
Mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
19
35

Setelah penyusunan instrumen selesai, peneliti mengujicobakan instrumen ke sekolah yang dianggap sama karakteristiknya dengan kelas penelitian. Pelaksanaan uji coba instrumen ini dilaksanakan secara terbimbing. Pengujian instrumen ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan dalam penelitian.
a.         Validitas
Dalam suatu penelitian, keabsahan penelitian sering dikaitkan dengan instrumen atau alat ukur. Suatu alat ukur dikatakan valid atau mempunyai nilai validitas tinggi apabila alat ukur yang digunakan dapat mengukur apa yang hendak diukur oleh peneliti. “Validitas merupakan derajat ketepatan antara data yang terjadi pada objek penelitian dengan data yang dilaporkan oleh peneliti” (Sugiyono, 2010 : 363).  
Uji validitas digunakan untuk mengetahui apakah ada instrumen yang harus dibuang ataupun diperbaiki karena dianggap tidak relevan. Dalam penelitian ini perhitungan uji validitas dilakukan dengan bantuan komputer pada program Microsoft excel 2007. Adapun hasil uji validitas dapat dilihat pada lampiran.
Berdasarkan pengolahan data menggunakan Microsoft excel 2007 mengenai uji validitas instrumen soal penguasaan konsep siswa adapun hasil pengujian ditunjukkan pada tabel berikut.
Tabel 3.5
Hasil Validasi Instrumen Tes Hasil Belajar
No. Item
rhitung
rtabel
Keterangan
(a)
(b)
(c)
(d)
1.
1.79
1.67
Valid
2.
2.24
1.67
Valid
3.
3.79
1.67
Valid
4.
1.54
1.67
Tidak Valid
5.
3.88
1.67
Valid
6.
3.25
1.67
Valid
7.
3.20
1.67
Valid
8.
2.97
1.67
Valid
9.
3.29
1.67
Valid
Tabel 3.5
Hasil Validasi Instrumen Tes Hasil Belajar
(lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
10.
4.63
1.67
Valid
11.
4.89
1.67
Valid
12.
3.62
1.67
Valid
13.
3.63
1.67
Valid
14.
2.87
1.67
Valid
15.
3.17
1.67
Valid
16.
5.56
1.67
Valid
17.
3.88
1.67
Valid
18.
3.71
1.67
Valid
19.
5.15
1.67
Valid
20.
5.35
1.67
Valid
21.
3.32
1.67
Valid
22.
0.28
1.67
Tidak Valid
23.
6.07
1.67
Valid
24.
2.46
1.67
Valid
25.
2.08
1.67
Valid

Tabel 3.6
Hasil Validasi Instrumen Angket Penanaman Karakter
No. Item
rhitung
rtabel
Keterangan
1.
3.17
1.70
Valid
2.
1.79
1.70
Valid
3.
2.94
1.70
Valid
4.
2.84
1.70
Valid
5.
1.72
1.70
Valid
Tabel 3.6
Hasil Validasi Instrumen Angket Penanaman Karakter
(lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
6.
2.29
1.70
Valid
7.
1.87
1.70
Valid
8.
2.25
1.70
Valid
9.
1.92
1.70
Valid
10.
3.14
1.70
Valid
15.
2.87
1.70
Valid
16.
2.08
1.70
Valid
17.
1.73
1.70
Valid
18.
2.53
1.70
Valid
19.
2.57
1.70
Valid
20.
1.75
1.70
Valid
21.
2.27
1.70
Valid
22.
3.24
1.70
Valid
23.
0.29
1.70
Tidak Valid
24.
1.87
1.70
Valid
25.
3.87
1.70
Valid
26.
3.37
1.70
Valid
27.
3.81
1.70
Valid
28.
3.79
1.70
Valid
29.
2.10
1.70
Valid
30.
3.29
1.70
Valid
31.
2.06
1.70
Valid
32.
3.42
1.70
Valid
33.
1.78
1.70
Valid
34.
3.78
1.70
Valid
35.
3.61
1.70
Valid
Tabel 3.6
Hasil Validasi Instrumen Angket Penanaman Karakter
(lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
36.
3.14
1.70
Valid
37.
3.26
1.70
Valid
38.
4.62
1.70
Valid
39.
3.97
1.70
Valid
40.
2.63
1.70
Valid
41.
1.29
1.70
Tidak Valid
42.
2.47
1.70
Valid
     Berdasarkan hasil uji validitas, terdapat soal-soal yang tidak valid. Untuk soal yang tidak valid tersebut, dilakukan perbaikan soal. Berikut ini hasil perbaikan soal tersebut:
Tabel 3.7
Revisi Soal  Hasil Validasi Instrumen
No
Jenis Soal
Nomor Soal
Sebelum
Sesudah
1.
Tes
4
Peristiwa …. Merupakan peristiwa perubahan kenampakan bumi akibat angin yang mengikis daratan.
Peristiwa perubahan kenampakan bumi yang diakibatkan oleh angin yang bertiup sangat kencang sehingga dapat mengikis daratan disebut…
2
Tes
22
Pernyataan berikut ini mengenai dampak terjadinya erosi kecuali…
a.   Terjadinya pendangkalan sungai
b.  Terbentuknya delta sungai
c.   Perubahan permukaan gurun
d.  Perubahan permukaan air laut
Pernyataan berikut ini yang tepat mengenai dampak terjadinya erosi kecuali…
a.   Terjadinya pendangkalan muara sungai
b.     Terbentuknya delta sungai
c. Perubahan permukaan gurun pasir
d.   Perubahan permukaan air laut
Tabel 3.7
Revisi Soal  Hasil Validasi Instrumen
(lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
3
Angket
23
Saat penampilan saya dikritik, saya tidak suka dan merasa tersinggung
Saya  merasa tersinggung jika ada teman yang memberikan saran mengenai penampilan saya.
4
Angket
41
Saat bermusyawarah, teman yang salah akan saya tegur dengan sopan agar ia mau memperbaiki kesalahannya
Jika sedang bermusyawarah ada teman yang berbuat salah, saya akan menegurnya dengan bahasa yang sopan.

b.        Reliabilitas
 “Reliabilitas berkenaan dengan derajat konsistensi dan stabilitas data atau temuan” (Sugiyono, 2010: 268). Suatu data dinyatakan reliabel apabila dua atau lebih peneliti dalam obyek yang sama menghasilkan data yang sama. Dalam pengujian reliabilitas instrumen, peneliti menggunakan bantuan program SPSS.
Berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS mengenai uji validitas instrumen soal penguasaan konsep siswa adapun hasil pengujian ditunjukkan pada tabel berikut.

Tabel 3.8
Hasil Reliabilitas Tes  Hasil Belajar
Cronbach's Alpha
N of Items
.731
25

Tabel 3.9
Reliabilitas Butir Soal Tes Hasil Belajar

Cronbach Alpha
Cronbach's Alpha if Item Deleted
Keterangan
(a)
(b)
(c)
(d)
ITEM 1
.731
.735
Tidak Reliabel
ITEM 2
.731
.733
Tidak Reliabel
Tabel 3.9
Reliabilitas Butir Soal Tes Hasil Belajar
(Lanjutan)
 (a)
(b)
(c)
(d)
ITEM 3
.731
.722
Reliabel
ITEM 4
.731
.739
Tidak Reliabel
ITEM 5
.731
.718
Reliabel
ITEM 6
.731
.722
Reliabel
ITEM 10
.731
.716
Reliabel
ITEM 11
.731
.711
Reliabel
ITEM 12
.731
.720
Reliabel
ITEM 13
.731
.721
Reliabel
ITEM 14
.731
.727
Reliabel
ITEM 15
.731
.723
Reliabel
ITEM 16
.731
.707
Reliabel
ITEM 17
.731
.719
Reliabel
ITEM 18
.731
.719
Reliabel
ITEM 19
.731
.715
Reliabel
ITEM 20
.731
.708
Reliabel
ITEM 21
.731
.723
Reliabel
ITEM 22
.731
.750
Tidak Reliabel
ITEM 23
.731
.710
Reliabel
ITEM 24
.731
.731
Tidak Reliabel
ITEM 25
.731
.730
Reliabel

Tabel 3.10
Hasil Reliabilitas Angket

Cronbach's Alpha
N of Items
.833
43

Tabel 3.11
Hasil Reliabilitas Butir Soal Angket


Cronbach Alpha
Cronbach's Alpha if Item Deleted
Keterangan
(a)
(b)
(c)
(d)
Item 1
.833
.830
RELIABEL
Item 2
.833
.831
RELIABEL
Item 3
. .833
.830
RELIABEL
Item 4
. 833
.832
RELIABEL
Item 5
. 833
.831
RELIABEL
Item 6
. 833
.831
RELIABEL
Item 7
. 833
.831
RELIABEL
Item 8
. 833
.831
RELIABEL
Item 9
. 833
.830
RELIABEL
Item 9
. 833
.831
RELIABEL
Item 10
. 833
.832
RELIABEL
Item 11
. 833
.830
RELIABEL
Item 12
. 833
.833
TIDAK RELIABEL
Item 13
. 833
.827
RELIABEL
Item 14
. 833
.829
RELIABEL
Item 15
. 833
.830
RELIABEL
Item 16
. 833
.837
TIDAK RELIABEL
Item 17
. 833
.830
RELIABEL
Item 18
. 833
.830
RELIABEL
Item 19
. 833
.831
RELIABEL
Item 20
. 833
.833
TIDAK RELIABEL
Item 21
. 833
.828
RELIABEL
Item 22
. 833
.837
TIDAK RELIABEL
Item 23
. 833
.829
RELIABEL
Item 24
. 833
.828
RELIABEL
Item 25
. 833
.829
RELIABEL

Tabel 3.11
Hasil Reliabilitas Butir Soal Angket
(Lanjutan)
 (a)
(b)
(c)
(d)
Item 26
. 833
.831
RELIABEL
Item 27
. 833
.826
RELIABEL
Item 28
. 833
.829
RELIABEL
Item 29
. 833
.827
RELIABEL
Item 30
. 833833
.830
RELIABEL
Item 31
. 833
.827
RELIABEL
Item 32
. 833
.831
RELIABEL
Item 33
. 833
.830
RELIABEL
Item 34
. 833
.826
RELIABEL
Item 35
. 833
.823
RELIABEL
Item 36
. 833
.829
RELIABEL
Item 37
. 833
.824
RELIABEL
Item 38
. 833
.833
TIDAK RELIABEL
Item 39
. 833
.827
RELIABEL
Item 40
. 833
.833
TIDAK RELIABEL
Item 41
. 833
.831
RELIABEL

Berdasarkan hasil dari uji reliabilitas dengan menggunakan SPSS, dapat ditafsirkan dengan menggunakan kriteria yang dikemukakan oleh Hilton dan Brownlow (Basri, 2012:53) sebagai berikut:
 Jika nilai alpha > 0,90  maka reliabilitas sempurna
Jika nilai alpha antara 0.70-0.90  maka reliabilitas tinggi
Jika nilai alpha 0.50-0.70  maka reliabilitas moderat
Jika nilai alpha < 0.500  maka reliabilitas rendah.
Karena hasil reliabilitas tes memiliki skor Alpha 0. 731 dan hasil reliabilitas angket memiliki skor 0. 720, dapat diartikan bahwa reliabilitas mencukupi, sehingga soal dapat digunakan.
Adapun untuk soal yang tidak valid dan tidak reliabel dilakukan perbaikan-perbaikan.
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Definisi Istilah dan Instrumen Penelitian dalam Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)"

Back To Top