katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Pembelajaran Tematik dan RPP Berdasarkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar, maka dapat disimpulkan bahwa belum optimalnya merancang proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung terutama pada materi yang membutuhkan praktik dan menggunakan model pembelajaran yang variatif untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dirancanglah perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mengacu pada model 4D menurut Thiagarajan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang telah divalidasi oleh para ahli yang kompeten dibidangnya.
Perencanaan yang telah dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata validasi silabus pembelajaran tematik sebesar 4,57 termasuk kategori “SANGAT BAIK” dan nilai rata-rata RPP model inkuiri terbimbing sebesar 4,47 termasuk kategori “SANGAT BAIK” sehingga dinyatakan valid dan dapat dilakukan uji coba di lapangan.
Perencanaan pembelajaran yang telah diuji coba di setiap sekolah yaitu SDN Tanjungpura 2, SDN Tanjungpura 3 dan SDN Manggungsari memenuhi aspek kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang mengalami peningkatan dan secara keseluruhan termasuk kategori baik. Keterlaksanaan pembelajaran di SDN Tanjungpura 3 meningkat sebesar 0,03 dari keterlaksanaan pembelaajaran di SDN Tanjungpura 2. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran di SDN Manggungsari meningkat sebesar 0,06 jika dibandingkan dengan keterlaksanaan pembelajarn di SDN Tanjungpura III.
 
Perencanaan pembelajaran yang dikembangkan disetiap sekolah telah memenuhi aspek keefektifan karena hasil belajar siswa meningkat dengan nilai yang diperoleh siswa berada diatas KKM yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan 100 %. Hal ini menunjukkan bahwa RPP berdasarkan model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, secara keseluruhan siswa disetiap sekolah memberikan respon setuju terhadap kegiatan pembelajaran dan respon guru terhadap kegiatan pembelajaran berdasarkan RPP model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 90,6 % yang termasuk kategori sangat efektif untuk diterapkan.
Dengan demikian, produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran berupa silabus pembelajaran tematik dan RPP berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar yang dilengkapi dengan ringkasan materi, Lembar Kerja Siswa, soal evaluasi, penilaian secara holistik yang mencantumkan skor dan kriteria penilaian.

B.       Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperolah, maka peneliti mengajukan beberapa saran sebagai berikut :
1.        Sebaiknya dalam  merancang proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang bervariatif yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan tuntutan kurikulum yang berlaku.
2.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar yang melibatkan siswa secara langsung dalam membangun pengetahuannya sendiri.
3.        Penelitian dan pengembangan ini masih terbatas pada tahap penyebaran, sehingga disarankan bagi peneliti lain untuk melakukan penyebaran pada kelas atau sekolah yang lebih luas lagi.
4.        Penelitian dan pengembangan ini masih terbatas pada satu subtema, maka dapat dikembangkan pada tema atau subtema yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
5.        Agar pelaksanaan penelitian dan pengembangan berjalan dengan baik maka harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga memperoleh hasil penelitian yang memuaskan dan dapat bermanfaat bagi orang lain.
Tag : Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Pembelajaran Tematik dan RPP Berdasarkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing"

Back To Top