katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Bab V Simpulan dan Saran dalam Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

A.      Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di SDN 1 Kawali Kabupaten Ciamis, maka dapat diambil beberapa simpulan. Yang pertama, pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN 1 Kawali belum terlaksana. Salah satunya ditandai dengan perangkat pembelajaran yang digunakan belum mencerminkan pembelajaran IPA berbasis karakter.
Kedua, untuk mengatasi belum terlaksananya pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN 1 Kawali, dirancanglah perangkat pembelajaran berdasarkan model pengembangan perangkat 4D karya Thiagarajan yang di modifikasi menjadi 3D, yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan). Dalam tahap perancangan ini dihasilkan rancangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter Draft 1 yang dapat digunakan.
Perangkat pembelajaran ini terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Perangkat pembelajaran ini disusun dengan mengacu pada standar proses dan peraturan menteri pendidikan nasional. Setelah dirancang, perangkat pembelajaran draft 1 ini dilakukan penilaian validasi ahli. Hasil dari penilaian ahli terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter mempunyai total kevalidan dari para validator sebesar 4.46. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid. Sehingga dapat dilakukan uji coba perangkat pembelajaran.
Simpulan ketiga, proses implementasi perangkat pembelajaran dalam uji coba berdasar dari pengamatan keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang dilakukan pada uji coba terbatas adalah 94% terlaksana dengan nilai rata-rata sebesar 3,27, yang berarti RPP terlaksana dengan kategori baik. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah positif, yaitu sebanyak 87,8% siswa menilai positif dan 12,2% menilai negatif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Selain itu, hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kawali pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit mengalami peningkatan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini berpengaruh tehadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain hasil belajar, karakter siswa kelas IV SDN 1 Kawali juga mengalami peningkatan. Adapun karakter siswa yang dinilai dan mengalami peningkatan dalam penelitian ini adalah karakter Religius, ingin tahu, percaya diri, sikap terbuka untuk menerima dan menghargai keberagaman pendapat, disiplin, tanggung jawab, kerja sama dan peduli lingkungan Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini juga berpengaruh tehadap karakter siswa.
Maka, berdasarkan hasil uji coba produk di lapangan, dihasilkanlah produk akhir perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Untuk lebih jelasnya, produk akhir ini dapat dilihat dalam lampiran C.

B.       Saran
Dengan mengidentifikasi hasil penelitian dan pengalaman selama melaksanakan penelitian untuk pengembangan perangkat pembelajaran khususnya perangkat pembelajaran IPA yang berbasis karakter, peneliti memberikan beberapa saran berikut:
1.        Proses penelitian pengembangan merupakan proses yang cukup rumit, sehingga diperlukan waktu penelitian yang cukup. Oleh karena itu, dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan dibutuhkan kesiapan yang matang, khususnya dalam instrumen penelitian yang digunakan agar waktu yang tersedia bisa digunakan dengan lebih efektif.
2.        Untuk lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan karakter, sebaiknya perlu dilakukan monitoring terhadap pelaksanaan pembelajaran termasuk penilaian perangkat pembelajaran yang digunakan agar guru sebagai pelaksana pendidikan karakter di lapangan bisa dengan tepat melaksanakan pembelajaran berbasis karakter.
3.        Perangkat pembelajaran ini hendaknya diuji cobakan juga pada kelas lain atau sekolah-sekolah lain, serta dikembangkan untuk pokok bahasan yang lain, karena berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada uji coba hasil belajar siswa meningkat serta dapat berpengaruh terhadap karakter siswa.
0 Komentar untuk "Contoh Bab V Simpulan dan Saran dalam Skripsi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)"

Back To Top