katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Teknik dan Hasil Analisis Data dalam Skripsi Bahasa Inggris

 3.2.4 Teknik Analisis Data
Dalam penelitian kualitatif, analisis data dimulai sejak awal. “Data yang diperoleh dari lapangan harus segera dituangkan dalam bentuk tulisan dan dianalisis” (Nasution, 2003: 129). Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan” (Sugiyono, 2008: 245). Penelitian kualitatif diharapkan sejak awal pengumpulan data sudah langsung diadakan analisis data dengan mengadakan interpretasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
Peneliti melakukan analisis data mengacu kepada tiga alur proses analisis data menurut Miles and Huberman (2007: 16) “Kami anggap bahwa analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi”. Tahapan-tahapan itu dapat dijelaskan sebagai berikut :
1)      Data reduction (reduksi data),
Reduksi data diartikan sebagai proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan, dan transformasi data “kasar” yang muncul dari catatan-catatan tertulis di lapangan. Setelah data terkumpul dilakukan tahap reduksi yaitu memilih data pokok dan memisahkan dengan data-data yang kurang penting untuk penelitian.
Data diberi kode (coding) untuk memudahkan peneliti dalam menganalisis data. Kode yang digunakan peneliti adalah sebagai berikut :
DO                : Data Observasi
DI                 : Data Interview (wawancara)
2)      Data display (penyajian data)
Dalam penelitian kualitatif, penyajian data bisa dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowchart dan sejenisnya (Sugiono, 2007:249). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan uraian singkat dalam menyajikan data yang telah diperoleh, sehingga didapat gambaran yang mudah dipahami dari data yang telah terkumpul.
3)      Conclusion drawing (penarikan kesimpulan).
Menarik kesimpulan merupakan langkah terakhir dalam analisis data. Hal ini dilakukan setelah data yang didapat direduksi dan disajikan sehingga mudah dipahami.



          3.2.5 Hasil Analisis Data
Data yang diperoleh dari hasil analisis kemudian akan diolah terlebih dahulu dengan mendeskripsikan data sekunder dan data primer. Pertama-tama data akan diklasifikasikan, diverifikasi, diinterpretasi, lalu dianalisis sehingga diperoleh kesimpulan yang sistematis mengenai kesulitan yang dialami siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD.
 


0 Komentar untuk "Contoh Teknik dan Hasil Analisis Data dalam Skripsi Bahasa Inggris"

Back To Top