katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Penulisan Transkrip Wawancara Kepala Sekolah untuk Skripsi

TRANSKRIP WAWANCARA KEPALA SEKOLAH

Narasumber               : …………………………………….
Pewawancara            : …………………………………….
Hari dan tanggal         : …………………………………….

A
:
Bagaimana pembelajaran bahasa Inggris di RSBI SDN ... ini?
R
:
Untuk di SD ... ini sudah berstatus RSBI tentunya pembelajaran bahasa Inggris lebih ditingkatkan. Baik itu intrakulikuler maupun ekstrakuler. Jadi semua difokuskan dan ditingkatkan. Meskipun di kelas 5 itu sebetulnya masih reguler, tentu kurikulumnya masih sama dengan SD lain. Tetapi untuk ... ada penambahan karena imbas dari RSBI. Kelas 1 kurikulumnya sudah ada hingga kelas 2. Kelas 3,4,5 juga sama, dipadatkan untuk bahasa Inggris. Kalau intra itu sudah masuk ke jam pelajaran, kalau ekstranya itu misalnya ada les,  melalui kursus di sekolah, ada di lembaga lain. Kebanyakan itu ada di sekolah, dipadatkan lagi oleh guru bahasa Inggris masing-masing.
A
:
Apa saja imbas dari adanya kelas RSBI terhadap kelas reguler?
R
:
Kadang-kadang Ibu menghimbau ke semua guru, bukan guru RSBI saja, ada English Time untuk guru-gurunya ya.. jadi dalam satu minggu itu ada satu jam untuk english time dulu. Satu jam untuk bahasa Inggris baik siswa maupun guru-guru. Itu adalah program sekolah. Kemudian untuk program selanjutnya diadakan lagi English Day, satu hari berbahasa Inggris. Kalau bahasa Sunda kan sudah ada PERDA-nya dari propinsi, dari PERDA Gubernur, pada tiap rabu semua harus menggunakan bahasa Sunda. Nah di sini juga ada English Day untuk nantinya. Terus yang selanjutnya ada English Area itu, adi semua. Untuk program yang akan datang.
A
:
Apakah untuk English Time itu sudah diaplikasikan?
R
:
Itu sudah. Untuk RSBI itu ada. Bahkan setiap hari senin itu ada English Time. Mau satu jam atau dua jam, biasanya dilaksanakan setelah upacara. Biasanya ibu sekali-kali ada beberapa kalimat dalam bahasa Inggris ketika breafing guru-guru. Dari mulai good morning, how are you  ke rekan-rekan guru semuanya. Guru-guru juga sama, mungkin dengan rekan-rekannya terutama RSBI. Nah, salah satu program juga supaya dapat dihafal oleh anak, ditempel di setiap dinding kelas slogan-slogan bahasa Inggris.
A
:
Bagaimana status pembelajaran bahasa Inggris di RSBI SDN ... ini?
R
:
Untuk RSBI sudah masuk pelajaran, namun untuk reguler masih mulok.
A
:
Fasilitas apa saja yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris?
R
:
Ada lab bahasa. Lab bahasa multimedia ya.. dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia dan komputer. Diusahakan semua memakai, baik RSBI maupun reguler, tapi untuk saat ini karena untuk reguler itu tidak kebagian waktu untuk belajar di Lab bahasa, habis oleh kelas RSBI. Jadi untuk saat ini hanya beberapa orang saja, misalnya untuk persiapan lomba saja. Selain itu ada pembelajaran CD, semacam perpustakaan.
A
:
Prestasi apa saja yang telah diraih dalam mata pelajaran bahasa Inggris di sini?
R
:
Banyak ya.. salah satunya olimpiade RSBI se-Jawa Barat. Juara 1 Scrable siswa kelas 2. Terus Story telling oleh siswa kelas 5. Eksplorasi IPA juara 1 tingkat propinsi.
A
:
Kendala apa saja yang menghambat pembelajaran bahasa Inggris di RSBI SDN ... ini?
R
:
Karena mungkin mayoritas disini kan kebanyakan bahasanya bahasa Sunda dan bahasa Indonesia, jadi bahasa Inggris nya itu susah. Buku sumber juga kurang. Kurang terbiasa menggunakan bahasa Inggris.
A
:
Upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris di RSBI SDN ... ini?
R
:
Ya upayanya itu tadi selain dalam intra, juga diadakan les.
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Transkrip Wawancara Kepala Sekolah untuk Skripsi"

Back To Top