katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Di SD


5.2   Saran
Setelah melakukan penelitian di SDN ..., penulis memberikan saran kepada siswa, guru bahasa Inggris, kepala sekolah, dan peneliti lain yang peduli akan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di SD.
1.      Bagi Siswa
Pelajaran bahasa Inggris yang telah diperoleh di kelas harus sering dipraktekan di luar sekolah. Baik itu dengan teman, keluarga, maupun siapa saja yang dapat dijadikan sebagai partner latihan berbicara bahasa Inggris. Ketika latihan dialog, siswa harus serius tapi santai serta menghayati setiap kalimat yang diucapkan. Selain itu siswa dapat memanfaatkan game, lagu-lagu berbahasa Inggris, televisi, film, dan Internet untuk belajar bahasa Inggris. Sebab pelajaran bahasa Inggris di sekolah amat terbatas.
2.      Bagi Guru bahasa Inggris
Siswa di SDN ... berada di wilayah perkotaan, arus informasi begitu derasnya sehingga siswa telah mengenal handphone, internet, game, lagu-lagu berbahasa Inggris, televisi, dan film. Apabila hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik maka guru dapat mengatasi kesulitan siswa karena terbatasnya waktu untuk pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Guru mengarahkan siswa agar memanfaatkan media ini untuk belajar.
3.      Bagi Kepala Sekolah
Lingkungan sangat mempengaruhi siswa dalam belajar bahasa. Untuk itu, Kepala Sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris. Misalnya dengan lebih mengoptimalkan program English Time yang saat ini sedang dilaksanakan.
4.      Bagi Peneliti lainnya
Kesulitan dalam keterampilan berbicara pada penelitian ini difokuskan kepada kesulitan pronounciation dan grammar. Masih terdapat tiga komponen lain pada aspek berbicara yang belum terungkap, yaitu comprehension, vocabulary, dan fluency. Untuk itu, bagi peneliti yang akan meneliti kesulitan siswa pada aspek berbicara, dapat melanjutkan penelitian terhadap ketiga komponen tersebut.
0 Komentar untuk "Contoh Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Di SD"

Back To Top