katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Metode Penelitian dalam Skripsi Tentang Analisis Gaya Belajar Siswa Yang Menyontek Saat Ulangan


BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Lokasi Penelitian
Lokasi Sekolah Dasar Negeri Cieunteung 2 terletak di Jl. Cieunteun No 123 Kelurahan Argasari Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya 46122. Sekolah yang mulai beroperasi pada tahun 1957 ini memiliki luas tanah sebesar 2.280 m2 dan luas bangunan sebesar 440,83 m2, dengan ruang belajar sebanyak 5 ruangan kelas.

B.     Subjek Populasi / Sampel Penelitian
Dalam penelitian kualitatif, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu.
Sampel ini memfokuskan pada informan-informan terpilih yang kaya dengan kasus untuk studi yang bersifat mendalam. Maka kekuatan dari sampel purposif ini adalah dari sedikit kasus yang diteliti secara mendalam memberikanbanyak pemahaman tentang topik.
Penulis menjadikan siswa kelas IV untuk dijadikan subjek. Subjek penelitiannya adalah 22 siswa yang teridentifikasi menyontek saat ulangan dan 1 orang guru kelas sebagai responden.
C.    Desain Penelitian
Desain penelitian merupakan kaitan logis antara data empiris dengan pertanyaan penelitian dan terutama konklusi-konklusinya. (Yin, 2008, hlm. 27)
Sederhananya, desain penelitian adalah rencana tindakan untuk berangkat dari “sini” menuju ke “sana”, dimana “disini” bisa diartikan sebagai rangkaian pertanyaan awal yang harus dijawab, dan “disana” merupakan serangkaian konklusi (jawaban) tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Syaodih (2012, hlm. 99) mengungkapkan penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus dimana penelitian ini difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam.
Dalam studi kasus terdapat empat tipe desain. Penelitian ini menggunakan desain tipe 2, yaitu desain kasus tunggal terjalin. Dimana perhatian diberikan kepada satu atau beberapa sub unit analisis.
0 Komentar untuk "Contoh Metode Penelitian dalam Skripsi Tentang Analisis Gaya Belajar Siswa Yang Menyontek Saat Ulangan"

Back To Top