katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Lokasi Penelitian, Metode Penelitian dan Desain Penelitian dalam Skripsi Bahasa Inggris


BAB III
METODE PENELITIAN

3.1  Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI) SD Negeri ... yang berada di Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. SD Negeri ... ini dipilih menjadi tempat dilaksanakannya penelitian dengan alasan sebagai berikut:
1.      Sekolah ini merupakan sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang menerapkan proses pembelajaran menggunakan kata pengantar bahasa Inggris, minimal untuk mata pelajaran MIPA dan bahasa Inggris.
2.      Sekolah ini memiliki fasilitas pendukung pembelajaran bahasa Inggris
3.      Sekolah ini memiliki guru bidang khusus mata pelajaran bahasa Inggris lulusan S1 bahasa Inggris.
Dengan pertimbangan di atas, akhirnya penulis memutuskan SDN ... sebagai lokasi penelitian.

3.2  Metode Penelitian
3.2.1        3.2.1 Desain Penelitian
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif ini digunakan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu (Iqbal Hasan, 2002:

22). Nasution (2003: 18) juga mengatakan bahwa, penelitian kualitatif juga penelitian naturalistik". Disebut kualitatif karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif, bukan kuantitatif, karena tidak menggunakan alat-alat pengukur. Disebut naturalistik, karena situasi lapangan penelitian bersifat “natural” atau wajar, sebagaimana adanya, tanpa dimanipulasi, diatur dengan eksperimen atau test. Penelitian kualitatif berusaha mengkonstruksi realitas dan memahami maknanya. Sehingga, penelitian kualitatif biasanya sangat memperhatikan proses, peristiwa, dan otentisitas.
Menurut Burgess dalam Nasution (2003: 17) metode kualitatif sebenarnya meliputi sejumlah metode penelitian, antara lain kerja lapangan, penelitian lapangan, studi kasus, ethnografi, prosedur interpretative, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kesulitan yang dihadapi siswa pada aspek keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD. Studi kasus merupakan suatu penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kasus tersebut. Danim (2002: 54-55) menyatakan bahwa:
Penelitian kasus (case study) atau penelitian lapangan (field study) dimaksudkan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan dan posisi saat ini, serta interaksi lingkungan unit sosial tertentu yang bersifat apa adanya (given).

Kesimpulan dari penelitian studi kasus hanya berlaku untuk kasus tersebut. Kasus dapat satu orang, satu kelas, satu sekolah, dan lain- lain. Menurut Danim (2002: 55), “Subjek penelitian dapat berupa individu, kelompok, institusi, atau masyarakat”. Lanjutnya, penelitian kasus merupakan studi mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasil penelitian itu memberi gambaran luas dan mendalam mengenai unit sosial tertentu. Hasil penelitian ini pun hanya berlaku pada situasi di SDN .... Teknik pengumpulan data yang dapat digunakan adalah wawancara dan observasi.
0 Komentar untuk "Contoh Lokasi Penelitian, Metode Penelitian dan Desain Penelitian dalam Skripsi Bahasa Inggris"

Back To Top