katazikurasana30. Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Aspek Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1    Kesimpulan
Aspek keterampilan berbicara bahasa Inggris sekurang-kurangnya memiliki lima komponen pendukung diantaranya, comprehension, grammar, vocabulary, pronunciation, dan fluency. Pronunciation merupakan aspek pertama yang harus dikuasai siswa ketika belajar berbicara. Sehingga kata-kata yang diucapkan dapat dimengerti secara jelas oleh lawan bicara. Selain itu, aspek yang perlu dikuasai siswa adalah grammar. Grammar yang siswa ketahui dapat menghasilkan banyak ujaran-ujaran, mungkin tak terbatas jumlahnya. Sehingga meski pembelajaran bahasa Inggris ditekankan pada penguasaan komunikasi verbal, tak berarti siswa-siswa tak bagus grammar-nya.
Siswa di SDN ... mengalami kesulitan dalam pronunciation dan grammar. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan banyak sekali kesalahan pronounciation siswa. Kemudian untuk Grammar, siswa juga mengalami kesulitan. Grammar dalam penelitian ini difokuskan pada bagian-bagian dari Parts of Speech. Sebagian besar siswa tidak mengetahui nama parts of speech namun dapat menyebutkan contohnya. Hanya terdapat seorang siswa yang dengan tepat mengetahui salah satu bagian dari Parts of Speech yaitu verb.
Faktor yang menyebabkan kesalahan dalam pronunciation diantaranya kemampuan menyimak siswa. Karena orang memiliki kepekaan pendengaran yang berbeda dan hal itu dapat menyebabkan kesalahan. Selain itu, kata-kata

tersebut jarang digunakan untuk berbicara sehingga siswa lupa cara pengucapannya. Proses belajar lebih banyak terjadi di ruang kelas dan di tempat kursus. Siswa jarang sekali berlatih menggunakan bahasa Inggris dengan teman-temannya ataupun di rumah bersama keluarga. Begitupun grammar yang telah diperoleh siswa apabila tidak diaplikasikan dalam praktek berbicara maka tidak akan berarti apa-apa. Disamping itu, tidak ada keberanian siswa untuk berbicara.
Upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam berbicara diantaranya; guru memunculkan minat terlebih dahulu terhadap pembelajaran bahasa Inggris yaitu memunculkan figur guru yang menyenangkan siswa. Guru dapat menerangkan pelajaran dengan baik, tidak monoton, dan memberi dukungan positif terhadap siswa. Kemudian pelajaran berbicara lebih ditekankan kepada praktek di kelas. Dalam dua jam pelajaran dibagi dua, satu jam pelajaran guru mengarahkan dan satu jam pelajaran lagi praktek. Selain itu, guru selalu mengingatkan siswa agar terus latihan di rumah masing-masing.
0 Komentar untuk "Contoh Aspek Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris "

Back To Top